Menteri Pendidikan Belanda Jalin Kerja Sama dengan Indonesia

Belanda merupakan salah satu mitra penting bagi Indonesia, khususnya dalam bidang pendidikan. Dalam kunjungannya ke Indonesia hari ini, Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Belanda, Mariette Jet Bussemaker, menandatangani beberapa kerja sama.

"Kunjungan saya ini untuk mengintensifikasikan kolaborasi, baik itu dalam bidang pendidikan maupun kebudayaan. Tahun lalu, sudah tandatangan MoU, hari ini kami bicarakan implementasinya," kata Bussemaker di Erasmus Huis, Jakarta Selatan, Senin 13 Februari 2017. 

Menteri Bussemaker mengatakan, pemerintah Belanda sangat mendukung program pendidikan vokasi yang selama ini menjadi salah satu program prioritas Presiden Joko Widodo.

Dalam kaitannya, Duta Besar Belanda untuk Indonesia, Rob Swartbol, pun telah menandatangani MoU program vokasi dengan pemerintah Indonesia.

"Kami sudah menandatangani kerja sama vokasi dengan Indonesia, karena ini adalah salah satu hal penting dan prioritas utama. Kami bekerja untuk keefektifan dan pemberdayaan pelajar Indonesia lebih banyak lagi," ujar Dubes Swartbol. 

Selain itu, pada kunjungannya, Menteri Bussemaker juga telah bertemu dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendi, guna menindaklanjuti kesepakatan yang telah dicapai tahun lalu. 

"Kita sudah mulai membentuk working group bersama, untuk mempercepat kerja sama budaya seperti perawatan monumen dan bidang kebudayaan lainnya," ungkap Bussemaker.

Terkait dengan ancaman terorisme yang belakangan kerap menyerang wilayah Eropa, Bussemaker meyakinkan bahwa pemerintah Belanda sangat menjamin keamanan warganya, juga masyarakat asing yang berada di Belanda.

"Bukan berarti kita tidak bisa melanjutkan hidup, karena berbagai ancaman ini. Tak ada alasan bagi kita untuk takut. Pemerintah Belanda tidak hanya menjamin keamanan warganya, tetapi juga semua warga asing yang ada," tegasnya

SOURCE : https://goo.gl/99HZOz