preloader
Selamat Datang di Website SMKN 1 Udanawu
  • Home
  • Bisnis Daring dan Pemasaran

PROFIL

PROGRAM KEAHLIAN BISNIS DIGITAL


 

VISI

Terwujudnya Tenaga Program Keahlian Pemasaran Konsentrasi Keahlian Bisnis Digital yang religius, berkarakter, berdedikasi tinggi dan berwawasan global

 

MISI

1. Membekali siswa dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang bermartabat serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Membangun kerja sama dengan industri melalui pendidikan sistem ganda pada Konsentrasi Keahlian Bisnis Digita.

3. Memantapkan proses pendidikan dan pelatihan pada Konsentrasi Keahlian Bisnis Digita.

4. Mengembangkan sistem pembelajaran dan informasi berbasis IT.

5. Menghasilkan lulusan tenaga kerja tingkat menengah yang kompeten dan profesional di bidang Bisnis Digital, mampu hidup mandiri serta dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi

 

PROFIL

1. Umum

       Mulai Tahun 2022 dengan berlakunya kurikulum Merdeka Belajar Program Keahlian Pemasaran memiliki Dua Konsentrasi yaitu Bisnis Digital dan Bisnis Ritail, dalam Spektrum Keahlian SMK termasuk Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen, Pada Kurikulum sebelumnya Tahun 2013 nama Program Keahlian ini adalah Bisnis dan Pemasaran sedangkan Kompetensi Keahliannya adalah Bisnis Daring Dan Pemasaran atau Pemasaran. Di SMKN 1 Udanawu Blitar merupakan satu-satunya program keahlian yang tidak berbasiskan teknik dan dibuka sejak tahun 2007 dan sekarang sudah hampir 15 tahun.

 

2. Materi Pendidikan.

       Secara umum materi yang dipelajari siswa adalah kasir, pengelolaan produk/barang dagangan, pelayanan penjualan dan bisnis online yang menjadi nyawa atau materi paling esensial dari Program Keahlian Pemasaran. Untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan teknologi materi akan difokuskan pada Konsentrasi Keahlian Bisnis Digital Dan Bisnis Ritail sebagai kemampuan tambahan.

       Siswa juga mempelajari ilmu marketing, perencanaan bisnis juga komunikasi bisnis sehingga akan dididik dan dilatih agar memiliki pengetahuan dan pemahaman bisnis akan diarahkan agar memiliki intuisi bisnis yang kuat serta mampu menerapkan teknologi informasi  yang berkembang untuk menunjang bisnis yang digelutinya.


3. Guru Pengajar / Instruktur

Untuk mencapai tujuan yang diharapkan Guru / Instruktur menjadi bagian proses yang sangat penting, guru-guru kelompok kejuruan di Program Keahlian Pemasaran Konsentrasi Bisnis Digital sebagai berikut 



 

4. Fasilitas Pendidikan.

Untuk mendukung tercapainya tujuan, Visi dan Misi Program Keahlian Pemasaran Konsentrasi Bisnis Digital, SMKN 1 Udanawu selalu berusaha untuk melengkapi dan menyesuaikan semua fasilitas dan prasarana dengan kualitas yang baik dengan jumlah mencukupi sesuai dengan perkembangan Dunia Usaha dan Dunia Industri diantaranya adalah :

a. Didukung ruang praktek ; laboratorium komputer dan pemasaran on line, ruang kasir, ruang penataan produk dan pelayanan penjualan, serta ruang Unit Produksi Jasa dan Kantin Kejujuran

b. Kerjasama dengan DU DI nasional dan regional dalam pelaksanaan PKL, Magang, Kukerin dan Ujian Kompetensi Keahlian diantaraanya, Matahari Departement Store, Ramayana Lestari Sentosa Tbk., Hypermart, Hayfresh, Jaringan Golden Swalayan, Sambi Swalayan, Sinar Makmur Swalayan dan Mustika Swalayan.

c. Uji Sertifikasi Profesi BNSP yang dilakukan LSP P1 SMKN  Udanawu.

d. Program rintisan pembukaan Kelas Alfa Midi.

e. Kelas Kewirausahaan yang mendidik siswa menjadi wirausaha sukses, diantaranya melalui SPW (Sekolah Pencetak Wirausaha) dan Praktek Penjualan Langsung

f. Bursa Kerja Khusus (BKK) dan magang, perbantuan atau casual yang bekerjasama dengan berbagai Dunia Usaha dan Dunia Industri.

 

5. Lulusan

Setelah menempuh pendidikan selama tiga tahun, diharapkan lulusan dapat melakukan :

a. Bekerja sesuai dengan Program Kehlian diantaranya adalah menjadi kasir, pramuniaga, sales executive, merchandiser, digital marketer, public relation, dan serta jabatan lain sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan dunia kerja.

b. Berwirausaha secara mandiri.

c. Melanjutkan ke Perguruan Tinggi.



DOKUMENTASI KEGIATAN BISNIS DIGITAL